iklan

Labels

Sunday, December 30, 2018

Review Soundcloud Android , Apakah lebih baik dari yang lain ?

   Baiklah kali ini GeovanaTech akan mereview salah satu aplikasi produktifitas dan juga jejaring sosial yang berbasis audio atau music , Aplikasi semacam ini  dapat membantu musisi dan content creator untuk mempomosikan karya mereka tanpa perlu kesulitan  untuk hal promosi. Untuk kesempatan kali ini GeovanaTech  akan membahas sebuah aplikasi yang sejenis aplikasi Spotify dan Joox , Yaitu bernama Soundcloud.

Masalah

  • Banyaknya fitur yang penting dibatasi oleh Soundcloud terhadap akun gratis dan akun pro
  • Soundcloud membatasi akun free untuk upload maximal 3 jam

gambar beranda aplikasi soundcloud

Deskripsi 

   Bagi temen-temen yang belum mengerti apa itu Soundcloud dan apa gunanya GeovanaTech akan menjelaskan kali ini , Soundcloud merupakan sebuah platform yang di tujukan untuk musisi atau content creator untuk mempromosikan karya mereka secara mudah dan cepat melalui aplikasi ini, Selain itu Soundcloud  menyediakan fitur follow dan like layaknya jejaring sosial Twitter, Instagram dan facebook serta kita bisa streaming di aplikasi tersebut, adapun itu dibawah ini list beberapa fitur dari aplikasi Soundcloud  android.

Fitur Soundcloud :

      1. Adanya feed trending dan Audio trending memungkinkan pengguna  untuk menemukan  music yang sedang banyak di dengar atau yang sedang populer.
      2. Tersedia fitur Searching unuk memudahkan pencarian music dan audio.
      3. Fitur follow dan like untuk mengikuti dan juga mendengarkan musik dan audio yang meraka dengarkan .
      4. Dapat merekam suara  melalui aplikasi .
      5. fitur Geotag berfungsi untuk memberitahukan lokasi music atau audio yang dibuat.

   Sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan aplikasi Soundcloud ini, dan apakah aplikasi ini dapat membantu musisi dan content creator mempromosikan karya mereka dan apa dampak dari aplikasi Soundcloud tersebut sehingga kita perlu menggunakan aplikasi Soundcloud ini.

Kelebihan Dari Soundcloud

  •   Yang pertama kelebihan yang saya bahas adalah di Soundcloud kita bisa download secara gratis tanpa perlu  menjadi akun VIP terlebih dahulu, dibandingkan aplikasi sejenis seperti Joox dan Spotify kita di haruskan untuk upgrade ke akun VIP dahulu untuk mendownload music tersebut.
download di soundcloud
download di soundcloud

  •   Yang kedua kelebihan dari Soundcloud adalah tidak adanya iklan yang mengganggu saat kita stream music di Soundcloud ,ini adalah suatu kelebihan yang unggul dari Soundcloud , kita tidak akan terganggu akan iklan yang muncul saat kita mendengarkan music atau audio ,lain hal seperti Joox dan Spotify akan di sisipkan sebuah iklan saat kita Stream sebuah music dan untuk menghilangkannya kita di haruskan Upgrade di akun berbayar (VIP) , Namun di Soundcloud kita tidak di haruskan upgrade akun berbayar untuk menghilangkan iklan yang mengganggu.


  •   Kelebihan yang ketiga yang ada di Soundcloud adalah dapat membagikan rekaman secara langsung ,yang di maksud disini adalah kita dapat merekam suara kita secara langsung baik menggunakan handphone , mic ,dan audio recorder. Kita juga bisa  membagikan hasil rekaman yang kita buat melalui Facebook, Instagram Stories , twitter ,dan media sosial lainnya serta kita juga bisa mengedit file hasil rekaman kita.


  Sekarang kita masuk dibagian kekurangan dari Soundcloud, dibalik kelebihan yang diberikan Soundcloud itu sendiri ternyata ada kekurangan yang selalu ada di setiap aplikasi manapun yang ada , berikut ini kekurangan yang GeovanaTech  rangkum.

Kekurangan Dari Soundcloud


  •    Kekurangan yang ada di Soundcloud adalah  dibatasinya beberapa fitur di akun gratisnya , jika pada akun gratis diberikan fitur rekaman suara di akun pro akan diberikan beberapa fitur  seperti : 
  1. spotlight dimana kalian bisa memasang pinned post suara kalian di profil soundcloud kalian.
  2. Full embed controls : dimana kita bisa mengatur agar music kita menjadi recomendasi ke profil orang lain , dapat mengnonaktifkan kolom komentar , dan bisa membuka advanced fitur dan fitur ini bisa mengatur copyright terhapad music kita.
  3. Dapat memonetization profil Soundcloud kita  yang dimna kia dapat penghasilan dari beberapa pendengar di music kita.
  4. tidak dibatasi upload time yang dimaksud adalah kita bebas upload file audio tanpa batas waktu ,jika di akun free kita dibatasi untuk upload maksimal 3 jam.
catatan : harga untuk akun pro unlimited saat ini dalah 16$/bulan.




  •   Kekurangan yang kedua pada Soundcloud adalah membatasi karya kita menjadi rekomendasi ,Yang saya maksud karya kita tidak bisa masuk top hits harian di Soundcloud, ini berdampak bagi musisi-musisi indie yang ingin berkarya atau yang akan memulai untuk mempromosikan karyanya lewat Soundcloud ,akan kesulitan  mendapatkan followers atau fans.Dan untuk membuka fitur tersebut kita di haruskan membayar secara bulanan sebesar 16$/Bulan , dan ini sedikit menyulitkan musisi indie.

Kesimpulan 

  • Seharusnya beberapa fitur seperi full embed control dapat ada di free akun lain halnya monetization dapat di maklumi jika ditebus dengan berbayar.
  • Seharusnya pihak Soundcloud tidak membatasi suatu karya yang bersifat durasi jadi kebebasan berkarya tidak di terapkan di Platform ini.


Baiklah segitu dulu review yang dapat GeovanaTech sajikan jikalau ada kata-kata yang kurang berkenan dan ada sedikit salah kata mohon dimaafkan , jika teman-teman ingin mencoba aplikasi Soundcloud teman-teman bisa kunjungi di link dibawah, Sekian dan Terimakasih.

Soundcloud Android

Soundcloud Appstore 

0 comments:

Post a Comment