iklan

Labels

Thursday, December 5, 2019

Memahami Inheritance















Inheritance.

  Inheritance (turunan atau pewarisan) merupakan salah satu konsep penting dalam pemrograman berorientasi obyek. yang artinya Hubungan ini seperti hubungan keluarga antara orang tua dan anak.
Sebuah class di Java, bisa memiliki satu atau lebih keturunan atau class anak. Class anak akan memiliki warisan properti dan method dari class ibu.

Superclass dan Subclass.

  Kelas atas atau kelas asal sering disebut dengan superclass, base class atau parent class, sedangkan kelas turunannya sering disebut dengan child class, derived class atau extended class.

Kata kunci extends.

  Kata kunci extends digunakan untuk mendeklarasikan kelas turunan (subclass) dari kelas atasnya (superclass). Dengan kata kunci extends, kelas turunan akan mewarisi data field dan metoda yang dimiliki oleh kelas di atasnya. Sebenarnya tidak semua data field dan metoda akan diwariskan kepada kelas turunnannya.

Data field dan metoda yang dideklarasikan dengan modifier private, tidak diwariskan kepada kelas turunannya. Berikut ini adalah sintak untuk mendeklarasikan kelas turunan:

public class nama-subclass extends nama-superclass {

// data dan metoda

}

Contoh : 

Membuat class Kubus

package bangunruang; public class kubus extends Bangunruang { private int volumek; public void Bangunruang(int panjang,int lebar,int tinggi){ this.panjang=panjang; this.panjang=panjang; this.tinggi=tinggi; volumek=panjang*lebar*tinggi; System.out.println("Volume kubus : "+volumek); } }
Pada "class kubus " di lakukan perhitungan kubus berdasarkan variabel yang telah di definisikan terlebih dahulu di class utama "class bangun_ruang"


Membuat Class "Balok"

Adapun caranya sama seperti cara di atas kemudian tulisakn kode program di bawah ini pada class Balok.Class Balok akan mewarisi sifat dari dari clas utama yaitu class bangun ruang

package bangunruang; public class balok extends Bangunruang { private int volumeb; public void Bangunruang(int panjang,int lebar,int tinggi){ this.panjang=panjang; this.panjang=panjang; this.tinggi=tinggi; volumeb=panjang*lebar*tinggi; System.out.println("Volume balok : "+volumeb); } }

Membuat Class "Kerucut"

Adapun caranya sama seperti cara di atas kemudian tulisakn kode program di bawah ini pada class kerucut.

Pembuatan class kerucut digunakan untuk melakukan perhitungan pada bangun ruang kerucut yang nantinya akan di panggil di class uatam yaitu class "bangun ruang".

package bangunruang; public class kerucut extends Bangunruang{ int jari; int pi; public void Bangunruang(int jari,int pi,int tinggi){ this.jari=jari; this.pi=pi; this.tinggi=tinggi; volume=jari*pi*tinggi; System.out.println("Volume kerucut : "+volume); } }

Pemanggilan kelass pada class utama "Bangun_ruang"

Pada class main ini kita akan memanggil ketiga class yang telah kita buat sebelumnya.

package bangunruang; public class Bangunruang { int panjang,lebar,tinggi,sisi; int volumeb,volumek,volume; public static void main(String[] args) { kubus ba=new kubus(); balok lk=new balok(); kerucut cu=new kerucut(); cu.Bangunruang(10,11,20); ba.Bangunruang(3,4,9); lk.Bangunruang(4,8,5); } }

Penjelasan :
Pertama membuat objek baru dari ketiga class yang telah kita buat seblumnya yang dimana :
ba = class kubus
lk = class balok
cu = class kerucut.
kedua : memberikan nilai pada objek sesui dengan parameter yang telah kita entukan sebelumnya.


0 comments:

Post a Comment